Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerak Tumbuhan

Gerakan pada tumbuhan merupakan suatu resapan terhadap rangsangan (stimulus) baik yang berasal dari dalam maupun dari luar individu. Jadi timbulnya gerak pada tumbuhan merupakan bukti adanya iritabilitas. Berdasarkan ada tidaknya rangsangan, gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi: Gerak endonom yaitu gerak yang dipengaruhi oleh gerak tumbuhan itu sendiri, Contohnya adalah gerak sitoplasma pada sel. Gerak esionom yaitu gerak yang dipengaruhi oleh rangsangan dari luar, contoh rangsangan dari luar adalah cahaya, suhu, gravitasi bumi, dll. Gerak higroskopis yaitu gerak yang disebabkan oleh perubahan kadar air secara terus-menerus, sehingga biji, buah, atau sporagium menjadi retak. Gerak kompleks yaitu gerak yang dipengaruhi oleh banyak rangsangan (faktor).
Yang termasuk gerak esionom adalah : 

Gerak Tropisme

Gerak Tropisme adalah  Gerak bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi  oleh arah datangnya rangsang. Berdasarkan jenis rangsang yang di terima oleh tumbuhan. Gerak tropisme di bedakan menjadi beberapa macam, yaitu Fototropisme: Disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contoh : Ujung batang selalu tumbuh ke arah sumber cahaya. Geotropisme:  Disebabkan oleh rangsangan gaya tarik bumi (gravitasi bumi) Contoh: Gerak akan menuju ke arah tanah (gravitasi bumi). Hidrotropisme: Disebabkan oleh rangsangan air. Contoh : Gerak akar menuju sumber air. Tigmotropisme: Disebabkan oleh rangsangan sentuhan. Contoh: Anggur yang tumbuh membelit. Kemotropisme: Disebabkan oleh rangsangan bahan kimia. Contoh:  Pertumbuhan pembuluh serbuk sari menuju bakal buah pada saat pembuahan tumbuhan berbunga.

Gerak Nasti

Gerak Nasti adalah Gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Macam-macam gerak nasti, Tigmonasti: Gerak nasti yang terjadi karena sentuhan. 
Contoh: Mengatupnya daun putri malu. Fotonasti: Gerak nasti jyang disebabkan oleh rangsangan cahaya matahari. Contoh: Mekarnya bunga, pukul empat pada sore hari. Termonasti: Gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu. Contoh: Terbukanya bunga tulip terjadi pada hari-hari yang hangat yaitu pada musim semi.

Gerak Taksis  

Gerak Taksis adalah  Gerak perpindahan tempat sebagian atau seluruh bagian tumbuhan akibat adanya rangsangan. Macam-macam gerak taksis, Kemotaksis: Gerak taksis yang disebabkan oleh zat kimia. 
Contoh: Gerak pada sel gamet tumbuhan lumut. Fototaksis: Gerak taksis yang disebabkan oleh cahaya. Contoh: Gerak pada ganggang hijau chlamydomonas yang langsung bergerak menuju cahaya yang intensitasnya sedang.