Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mikoriza

Mikoriza adalah kelompok fungi (jamur) yang bersimbiosis dengan tumbuhan tingkat tinggi (tumbuhan berpembuluh, Tracheophyta), khususnya pada sistem perakaran. Terdapat juga fungi yang bersimbiosis dengan fungi lainnya, tetapi sebutan mikoriza biasanya adalah untuk mereka yang menginfeksi akar.


Mikoriza memerlukan akar tumbuhan untuk melengkapi daur hidupnya. Sebaliknya, beberapa tumbuhan bahkan ada yang tergantung pertumbuhannya dengan mikoriza. Beberapa jenis tumbuhan tidak tumbuh atau terhambat pertumbuhannya tanpa kehadiran mikoriza di akarnya. Sebagai misalnya, semaian pinus biasanya gagal tumbuh setelah pemindahan apabila tidak terbentuk jaringan mikoriza di sekitar akarnya.

Bentuk simbiosis ini adalah Jamur memperoleh senyawa organic, misalnya gula dan asam amino dari tumbuhan, sedangkan tumbuhan memperoleh air dan mineral (fospor) yang diserap oleh jamur dari dalam tanah. Jamur juga menyediakan hormone tumbuh bagi tumbuhan. Tumbuhan yang memiliki mikoriza cenderung tahan terhadap kekeringan.