Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bioteknologi

BIOTEKNOLOGI. Tidak menjadi keren kata ini jika kita kemudian menyebut Tempe atau Tape.
Lah... Hubungannya apa antara tempe-tape dan bioteknologi?....


Mari kita mulai dengan mengetahui apa itu Bioteknologi...
Berasal dari kata Bios=Hidup, teknos=penerapan dan logos=ilmu. maka jika kata itu disatukan akan menjadi "Ilmu terapan hidup" atau ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip biologi. Bioteknologi secara lengkap diartikan "Pemanfaatan prinsip-prinsip dan rekayasa terhadap organisme, sistem, atau proses biologis untuk menghasilkan atau meningkatkan potensi organisme maupun menghasilkan produk dan jasa bagi kepentingan hidup. Cabang ilmu biologi lainnya yang mendukung bioteknologi adalah mikrobiologi, biolgi sel, genetika, dan biokimia.

Produk-produk bioteknologi diantaranya adalah tanaman transgenik, vaksin, tempe, tanaman hidoponik, domba ankon, oncom, tape ketan, kecap, protein sel tunggal,yoghurt, antibiotik, bakteri Bt, insulin dari bakteri, antibody monoklonal, hewan kloning, dll.

Produk-produk bioteknologi tersebut digolongkan dalam bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern. 1) Cobalah kita golongkan produk tersebut dalam bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern. Selain itu produk bioteknologi sering digolongkan berdasarkan manfaatnya. 2) Jika demikian cobalah kita kelompokkan produk bioteknologi diatas. Produk bioteknologi dalam bidang pangan, bidang pertanian, bidang kesehatan/ kedokteran.

Bakteri/jamur banyak digunakan dalam produk bioteknologi. Bakteri/jamur tersebut diantaranya adalah Rhyzopus oryzae, Saccaromices cereviceae, Neurospora sitophila, Aspergillus wentii, Lactobacillus sp, khamir, Laktobacillus bulgarius, Penicillium, Bacillus thuringiensis. 3) selanjutnya mari kita kelompokkan kembali bakteri/jamur dengan produk yang dihasilkan.