Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan Bakteri dalam Kehidupan Manusia

Peranan Bakteri

Bakteri dapat mempunyai peranan yang menguntungkan demikian juga dapat merugikan manusia.


Bakteri yang menguntungkan adalah sebagai berikut:

  1. Pembusukan (penguraian sisa-sisa mahkluk hidup contohnya Escherichia colie).
  2. Pembuatan minuman dan makanan yang difermentasi sebagai contohnya Acetobacter untuk pembuatan asam cuka, Lactobacillus bulgaricus untuk pembuatan yoghurt, Acetobacter xylinum untuk pembuatan nata de coco, Lactobacillus casei untuk pembuatan keju yoghurt.
  3. Berperan sebagai bakteri pengikat nitrogen dalam siklus nitrogen yaitu Bakteri Rhizobium leguminosarum dapat hidup bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan dan Azotobacter.
  4. Untuk Penyubur tanah sebagai contoh Nitrosococcus dan Nitrosomonas untuk nitrifikasi ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.
  5. Sebagai penghasil antibiotik misalkan Bacillus polymyxa yang menghasilkan antibiotik polimiksin B sebagai obat infeksi bakteri gram negatif, dan Bacillus subtilis sebagai penghasil antibioti untuk obat infeksi bakteri gram positif, Streptomyces griseus sebagai penghasil antibiotik streptomisin sebagai pengobatan bakteri gram negatif.
  6. Sebagai Pembuatan butanol dan aseton oleh bakteri Clostridium acetobutylicum
  7. Dapat membusukkan sampah dan kotoran hewan untuk menghasilkan energi alternatif berupa biogas. Contohnya methanobacterium
  8. Sebagai bahan Penelitian rekayasa genetika pada berbagai bidang. Contoh dihasilkan obat-obatan dan produk kimia dalam bidang kedokteran, misalnya enzim, vitamin dan hormon.

Bakteri yang merugikan sebagai berikut:

  1. Membuat makanan menjadi busuk ata basih contohnya; Clostridium botulinum
  2. Menyebabkan berbagai penyakit pada manusia contohnya Mycobacterium tuberculosis (penyebab penyakit TBC) dll
  3. Menyebabkan penyakit pada hewan contohnya Bacilluc antrachis (penyebab penyakit antraks pada sapi )
  4. Menyebabkan penyakit pada tanaman sebagai contoh Pseudomonas solanacearum (menyebabkan penyakit pada tanaman tomat, lombok, terung dan tembakau).

Persamaan bakteri dengan Cyanobacteria

  1. Sama sama kelompok prokariot
  2. Sama sama memiliki dinding sel
  3. Sama sama diklasifikasikan sebagai tanaman primitive

Perbedaan bakteri  dengan Cyanobacteria:

Cyanobacteria tidak semunya bersel tunggal, misalnya Anabaena seperti benang sedangkan bakteri merupakan makhluk uniseluler
Cyanobacteria Tidak semua bersel tunggal, misalnya Anabaena yang berbentuk seperti benang sedangkan Bacteria bergerak menggunakan flagelum.
Cyanobacteria dapat berfotosintesis karena memiliki klorofil Sedangkan Bakteri fotoautotrof saja yang mempunyai klorofil.

Posting Komentar untuk "Peranan Bakteri dalam Kehidupan Manusia "